Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Menambah Wawasan Agar Potensi Diri Meningkat

Belajar untuk menambah wawasan sangatlah penting terutama agar bisa beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi menambah wawasan yang akan dibahas di artikel ini.

Di aplikasi tersebut tidak hanya membahas mengenai ilmu yang ada di sekolah saja, tetapi jauh lebih luas lagi cakupannya dan tentunya lebih mendalam pembahasannya.

aplikasi menambah wawasan

Aplikasi Terbaik untuk Menambah Wawasan

Berikut aplikasi yang bisa kamu menfaatkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tersedia banyak cabang ilmu, simak ulasan berikut ini:

1. Khan Academy

khan academy

Khan Academy menjadi aplikasi pertama untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Aplikasi ini memberikan beragam ilmu pengetahuan dari banyak disiplin ilmu.

Di sini kita dapat menemukan ilmu yang sering diajarkan di bangku sekolah seperti biologi, fisika, matematika, dan lain sebagainya.

Selain itu, di dalam Khan Academy tersedia lebih dari 10.000 video sebagai materi pembelajaran. Di video ini juga ditambahkan banyak latihan untuk mengetahui seberapa jauh wawasan yang dipahami setelah menonton video.

Menariknya, Khan Academy menjadi salah satu aplikasi yang sepenuhnya gratis dan tanpa iklan. Ini sangat cocok untuk kalian yang kurang suka dengan kemunculan iklan saat belajar di aplikasi.

2. Coursera

coursera

Coursera sangat mirip dengan konsep belajar online jarak jauh, di mana nanti ada seorang pengajar memberikan materi pembelajaran dengan topik tertentu. Topik ini bisa kamu ambil sendiri sesuai dengan minat msing-masing.

Di dalam aplikasi menambah wawasan ini, banyak sekali kursus online yang bisa diambil, jumlahnya lebih dari 1000 kursus. Beberapa di antaranya mempelajari tentang sains, matematika, bisnis, hingga teknologi yang berkembang saat ini.

Setelah menyelesaikan kursus, kamu akan memperoleh sertifikat. Ini sangat penting apalagi jika kamu melamar pekerjaan yang sesuai dengan apa yang telah dipelajari saat kursus.

Coursera memang sangat menarik untuk dicoba, konsep belajarnya juga berbasis teknologi online namun tetap tidak meninggalkan konsep belajar konvensional.

3. Amazon Kindle

amazon kindle

Amazon memiliki sisi tersendiri untuk pengguna internet yang ingin belajar dan menambah wawasan. Namanya adalah Amazon Kindle, sebuah aplikasi platform untuk belajar.

Jika kalian menyukai cara belajar konvensional, maka Amazon Kindle dapat menjadi pilihan yang tepat. Di sini kamu disediakan banyak sekali buku bacaan dengan beragam kategori.

Bahkan selain buku belajar pada umumnya, Amazon Kindle juga menyediakan buku dengan kategori yang berkaitan dengan hobi. Misalnya adalah buku memasak dan buku untuk belajar memasak.

Untuk menggunakan Amazon Kindle cukup mudah, cukup beli, unduh, dan baca bukunya. Bagi kalian yang gemar membaca terutama ebook, maka Amazon Kindle sangat membantu kalian mencari ebook yang ingin kamu baca.

Baca Juga: 8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Secara Offline Di Android

4. LinkedIn Learning

linkedin learning

LinkedIn Learning ini merupakan aplikasi menambah wawasan yang memiliki ribuan kursus dan tutorial video. ada banyak sekali tema yang dibahas di sini, beberapa di antaranya adalah keterampilan kreatif, bisnis, teknologi, kepemimpinan, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, karena LinkedIn merupakan jejaring sosial profesional, ia mampu memberikan banyak wawasan tentang hal-hal baru. Selain itu, LinkedIn juga dapat meningkatkan peluang karir para penggunanya.

LinkedIn Learning juga dapat membantu pengguna membangun profil profesional yang lebih kuat dengan menambahkan kursus yang telah mereka selesaikan ke profil LinkedIn mereka.

5. Ted

ted

Selanjutnya TED singkatan dari "Technology, Entertainment, Design". TED merupakan sebuah organisasi yang sering mengadakan konferensi berbicara dengan banyak ide di dalamnya. Nah, melalui aplikasi inilah kamu bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan baru untuk diri sendiri.

TED banyak menginspirasi banyak orang terutama saat diadakannya talkshow, mereka mengundang pakar yang memang sudah ahli dibidangnya. Biasanya membahas mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis, seni, hingga kemanusiaan.

Jika penasaran kamu bisa langsung unduh aplikasi RED atau kunjungi situsnya di TED.com. Di sana kamu akan menemukan ribuan video menarik dan tentunya menambah wawasan. TED dapat ditonton videonya secara gratis untuk semua orang yang mengunjungi situsnya.

6. WolframAlpha

wolframalpha

WolframAlpha merupakan aplikasi untuk menambah wawasan berbasis mesin pencari. Berbeda dengan Google, WolframAlpha menyajikan hasil dalam sebuah jawaban yang komprehensif dan terstruktur.

Jawaban yang demikian telah melalui perhitungan matematika, pemrosesan data alami, dan database besar yang mereka miliki.

Di WolframAlpha banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa ditanyakan. Kamu bisa mencari tentang tokoh terkenal, sejarah, bahasa, dan budaya. Selain itu, ilmu tentang teknologi dan sains semuanya ada.

Jika kamu mencari sesuatu dengan jawaban yang cepat dan akurat, terlebih mengenai hal-hal yang membutuhkan pemrosesan data dan hitungan matematika, maka aplikasi ini sangat membantu.

Baca Juga: 6 Situs Streaming Video Selain YouTube yang Harus Dicoba

7. Duolingo

duolingo

Jika kamu ingin menambah wawasan dalam bidang bahasa asing, maka Duolingo adalah pilihan yang cocok. Sejak diluncurkan tahun 2014, Duolingo menjadi salah satu aplikasi populer dan banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk menambah wawasan mengenai bahasa di dunia.

Duolingo memuat banyak bahasa asing yang dapat dipelajari dengan beragam metode menarik. Metode tersebut adalah melalui permainan atau game, percakapan sederhana, mendengarkan, dan terakhir adalah dengan latihan.

Menarikya lagi, belajar di Duolingo selama 34 jam seperti halnya kita belajar selama satu semester di sekolah. Keren, kan? Aplikasi Duolingo ini dapat kamu unduh secara gratis dari Play Store dan App Store.

8. Science Journal

science journal

Menambah wawasan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui aplikasi Science Journal (sekarang: Arduino Science Journal). Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk beragam tujuan seperti melakukan penelitian, bereksperimen, mencari referensi, dan mengumpulkan beragam data penting lainnya.

Science Journal memiliki fitur yang unik, yakni mampu merekam progres kita dalam menggali ilmu pengetahuan atau wawasan yang ada di aplikasi ini. Jadi kamu tahu, mana yang belum dilihat dan yang sudah dilihat.

Tak disangka, ternyata aplikasi ini milik Google. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Menariknya lagi, pada umumnya aplikasi semacam ini dilarang mengambil sumber dengan cara rekam video dengan aplikasi perekam layar. Namun di Science Journal, kamu bebas untuk merekam layar.

Itulah daftar aplikasi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Mengenai aplikasi yang berkaitan dengan meningkatkan pengetahuan, ada banyak sekali aplikasi di luar sana. Namun kami rangkum menjadi 8 terbaik menurut versi kami. Terimakasih semoga bermanfaat.

Post a Comment for "8 Aplikasi Menambah Wawasan Agar Potensi Diri Meningkat"