Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Aplikasi Payment Gateway, Permudah Transaksi di Bisnismu

Payment Gateway

aplikasi payment gateway

Sebagai pebisnis online tentunya dibutuhkan sebuah metode pembayaran yang mudah, aman, dan terpercaya. Terlebih lagi dapat diintegrasikan ke toko online atau layanan jasa lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi payment gateway sebagai solusinya.

Payment gateway ini sangat penting karena tidak jarang pembeli pergi ketika mengalami kesulitan melakukan pembayaran. Terlebih, jika kamu berjualan menggunakan landing page dan mengiklankannya di platform media sosial.

Saat ini, cukup mudah mencari layanan payment gateway. Di artikel ini, kami telah merangkum daftar aplikasi terbaik apa saja yang bisa dipilih.

Daftar Aplikasi Payment Gateway Terbaik Indonesia

Payment gateway mempermudah transaksi bisnis, sehingga memperbesar peluang bisnis semakin berkembang dan maju. Berikut daftar aplikasi payment gateway yang bisa digunakan di Indonesia:

1. Midtrans - Payment Gateway

midtrans

Midtrans merupakan salah satu aplikasi peyment gateway yang cukup populer di Indonesia. Awal berdiri tahun 2012 Midtrans memiliki nama Veritrans, setelah 4 tahun berdiri dan diakuisisi, aplikasi ini berubah menjadi Midtras.

Midtrans memberikan layanan pembayaran untuk semua bank yang ada di Indonesia. Tersedia 25 metode pembayaran yang dapat diterima oleh Midtrans. Beberapa diantaranya adalah transfer bank, QRIS, dompet digital, kartu debit/kredit dan masih banyak lagi.

Payment gateway ini telah bekerjasama dengan 3000 lebih merchant online. Bagi pebisnis online, aplikasi gerbang pembayaran seperti Midtrans ini sangat membantu mereka dalam menjalankan bisnisnya.

Selain lebih mudah, pembayaran melalui aplikasi semacam Midrans juga rendah pajaknya, hanya 4% saja.

2. iPaymu

ipaymu

Payment Gateway ini telah ada sejak taun 2012 akhir sebagai kategori startup di Indonesia. Didirikan oleh sebuah perusahaan bernama  PT. Inti Prima Mandiri. Kini, iPaymu memiliki 200.000 lebih mitra yang telah bergabung.

iPaymu memberikan kemudahan bertransaksi dengan proses pembayaran cepat dan mudah. Tidak hanya untuk berbelanja online saja, namun juga melakukan transfer bank, tarik tunai, dan transaksi lainnya.

Ada beberapa kelebihan aplikasi payment gateway ini, seperti: menambahkan metode pembayaran di toko online sendiri tanpa perlu bisa coding, semua transaksi aman dengan proses instan, serta kemudahan bertransaksi ke 137 bank di Indonesia.

3. Xendit

xendit

Kehadiran Xendit memang bisa dibilang masih baru sebagai penyedia payment gateway di Indonesia. Namun, untuk fitur dan layanannya, Xendit menjadi salah satu yang terbaik.

Aplikasi ini memberikan kemudahan khususnya bagi pemilik bisnis online. Dengan Xendit, kamu bisa menerima dan mengirim uang melalui beragam metode. Terdapat 38 cara pembayaran, beberapa di antaranya yakni: transfer bank, dompet digital, dan QRIS.

Selain itu, kirim uang sekaligus juga bisa dilakukan di sini. Bagi penjual online, mereka akan menerima notifikasi jika ada pembeli yang melakukan pembayaran. Dengan begitu, pembeli bisa langsung memproses dan mengirim pesanan pembeli.

Baca Juga: 8 Bank Digital Tanpa Biaya Admin Tersedia Kartu Debit

4. Faspay - Payment Gateway

faspay

Faspay menjadi aplikasi payment gateway yang telah lama berdiri di Indonesia. Sejak tahun 2003, Faspay telah memiliki ribuan mitra dengan berbagai latar belakang usaha yang dijalani.

Ada 48 metode pembayaran di Faspay, yang paling banyak digunakan misalnya transfer bank, ibanking, e-money, dan lain-lain. Payment gateway ini memiliki beberapa pilihan layanan. Kamu bisa memilih Faspay Business, Billing, dan Sendme.

Dengan menggunakan Faspay, kemudahan akan kamu dapatkan, terlebih ada sekitar 50 mitra populer di Indonesia bekerjasama dengan Faspay. Beberapa diantaranya adalah Kredivo, Indomaret, dan Tiket.com.

5. Winpay

winpay

Diluncurkan sejak tahun 2015 oleh PT Bimasakti Multi Sinergi, Winpay mengenalkan layanannya sebagai aplikasi payment gateway. Dari tahun didirikan, Winpay telah mendapatkan ribuan mitra usaha.

Aplikasi ini memiliki keunggulan untuk metode pambayaran di toko online sendiri, karena telah mendukung banyak platform. Kamu bisa menerapkannya di Opencart, Prestashop, Magento, dan WooCommerce.

Fitur utama Winpay ini mirip dengan kebanyakan pembayaran digital lainnya di Indonesia. Kelebihannya antara lain adalah telah terintegrasi 147 bank di Indonesia dan banyak metode pembayaran yang bisa dipilih.

6. Duitku

duitku

Selanjutnya ada Duitku, payment gateway Indonesia yang memberikan kemudahan bertransaksi dengan biaya yang kompetitif. Duitku telah banyak digunakan oleh UMKM dan perusahaan di Indonesia.

Ada cukup banyak metode pembayaran disediakan Duitku, pengguna bisa memakai kartu debit/kredit, virtual account, transfer bank, dompet digital, dan masih banyak lagi lainnya.

Integrasi juga dapat dilakukan dengan beberapa platform terkemuka untuk jualan online, misalnya: WooCommerce, Joom Shopping, WHMCS, dan Magento.

Baca Juga: 8 Aplikasi Uang Elektronik (e-Money) untuk Kebutuhan Transaksi Non-Tunai

7. Finpay

finpay

Aplikasi payment gateway merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia. Finpay memberikan layanan yang aman dan terpercaya sebagai gerbang pembayaran untuk pelaku bisnis online di Indonesia.

Sejak didirikan, Finpay telah menjadi mitra bagi 90 bank di Indonesia, 800 merchant online, 122 Biller, dan lebih dari 100.000 outlet atau kios yang tersebar di seluruh nusantara.

Fitur unggulan yang didapat di Finpay adalah Finpay Invoice dan Link. Finpay Invoice akan mengirimkan email ke pembeli setelah berhasil melakukan transaksi. Sedangkan Finpay Link adalah semua metode pembayaran yang telah didukung di Finpay.

8. Prismalink

prismalink

Prismalink memberikan layanan terbaiknya berupa payment gateway yang mudah, sehingga mampu memperluas market dan meningkatkan keuntungan dalam bisnis. Tentunya dengan keamanan tinggi yang menjamin uang penggunanya.

Layanan Prismalink telah menjangkau beragam merchant populer di Indonesia. Merchant yang telah menggunakan Prismalink di antaranya adalah: Tokopedia, Blibli, Kitabisa.com, Periplus, dan evermos.

Salah satu fitur menarik di Prismalink adalah White Label Apps. Fitur ini memungkinkan setiap toko online memiliki payment gateway sendiri atau yang telah dikustomisasi menjadi nama bisnis sendiri.

9. Cashlez

cashlez

Cashlez merupakan layanan payment gateway terbaik yang didirikan oleh PT Cashlez Worldwide Indonesia. Sudah berdiri sejak 2020 lalu, meski bisa dibilang masih baru, Cashlez telah melantai di BEI alias menjadi perusahaan terbuka dengan kode CASH.

Cashlez pay memberikan layanan pembayaran dengan banyak metode. Kamu bisa menggunakan kartu, VA (virtual account), kode QR, dan Online Payments.

Selain itu, ada juga beberapa layanan lain yang bisa digunakan seperti Cashlez mPOS untuk memudahkan segala transaksi agar lebih efisien, fitur ini bisa digunakan di berbagai platform karena berbasis cloud. Tersedia juga CashlezONE dan Cashlez Report.

Kesimpulan: Payment Gateway

Itulah ulasan mengenai aplikasi payment gateway terbaik yang ada di Indonesia. Adanya aplikasi tersebut sangat membantu para pelaku bisnis UMKM, terutama pedagang online yang memasarkan produknya di media sosial maupun website toko online milik sendiri.

Layanan yang ditawarkan diatas memiliki fungsi utama yang sama yakni payment gateway. Selain itu, kamu bisa menimbang dari segi fitur dan keuntungan lain yang pastinya akan berbeda setiap aplikasi. Pilihlah mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Terimakasih, semoga bermafaat.

Post a Comment for "9 Aplikasi Payment Gateway, Permudah Transaksi di Bisnismu"