Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan Ijazah, Surat Lamaran Kerja, CV, KTP di Android dan iOS

Cara scan ijazah, surat lamaran, ataupun dokumen lain merupakan perihal yang sangat mudah sekarang ini. Kamu tidak perlu lagi ke tempat fotokopi untuk men-scan dokumen-dokumen tersebut.

Bayangkan jika kamu menggunakan jasa tempat fotokopi/ngeprint tentu kamu harus membayar sejumlah uang untuk tiap halaman atau lembar yang akan kamu scan. Padahal kamu masih mencari pekerjaan dan belum memiliki penghasilan yang cukup. Nah, jika menggunakan aplikasi scan dokumen kamu bisa melakukannya secara cepat, mudah dan gratis.

Cara Scan Ijazah Surat Lamaran Kerja
Tampilan Aplikasi CamScanner

Untuk melakukan scanning pada Ijazah, surat lamaran kerja, curriculum vitae (CV), ataupun dokumen lain di handphone, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan baik di Android maupun iOS. Selain aplikasi tambahan kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan jika smartphone kamu memilikinya.

Cara Scan Ijazah, Surat Lamaran Kerja, CV Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan scan dokumen, berikut penjelasannya.

#Cara Scan Ijazah, Lamaran, CV dengan Aplikasi

Untuk cara yang pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama CamScanner. Aplikasi ini kami rekomendasikan karena selain menjadi 'Editor Choice' aplikasi ini sangat populer banyak digunakan dan penilaian aplikasi ini juga sangat baik yakni 4.7 dari 5.0 bintang (Google Play Store).

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi CamScanner
1. Jika kamu belum memiliki aplikasinya silahkan download terlebih dahulu. Link download untuk Android atau link download untuk iOS.

2. Pada awal tampilan kamu akan diminta untuk masuk atau daftar, lewati saja, langsung masuk ke mulai pemindaian yang ada di layar kanan bawah (tombol hijau).

3. Siapkan dokumen yang akan kamu scan. Pastikan sebelum memotret dokumen, kamu pilih Docs/Dokumen di aplikasi. Karena fitur ini akan memberikan pengaturan otomatis seperti panjang dan lebar dokumen.
Cara Scan Ijazah Surat Lamaran Kerja

4. Scan dokumen sesuai panjang dan lebar dokumen. Kamu juga bisa mengatur sendiri setelah memotret dokumen agar hasilnya lebih bagus dan terlihat rapi.
Cara Scan Ijazah Surat Lamaran Kerja

5. Pilih filter yang menurut kamu paling bagus. Terdapat enam filter yang bisa kamu pilih seperti: Asli, Lighten, Warna Ajaib, Mode Abu-abu, B&W, dan B&W 2.
Cara Scan Ijazah Surat Lamaran Kerja

6. Kemudian pilih menu menyimpan di kanan bawah. Di sini kamu bisa menyimpan dalam bentuk file .PDF atau simpan ke galeri dalam bentuk .JPG.
Cara Scan Ijazah Surat Lamaran Kerja

7. Jika ingin menyimpan dalam bentuk format JPG, caranya adalah sentuh dan tahan hasil fotoscan yang kamu lakukan sebelumnya, kemudian pilih menu Simpan ke Galeri yang ada di bagian bawah.
Cara Scan Ijazah Surat Lamaran Kerja

8. Selesai. Ijazah berhasil kamu scan.

Baca juga:

#Cara Scan Ijazah, Lamaran, CV Tanpa Aplikasi

Untuk menggunakan cara tanpa aplikasi smatrphone kamu harus mendukung fitur atau aplikasi bawaan seperti Pemindai.

Berikut langkah-langkah menggunakan Pemindai.
1. Buka terlebih dahulu aplikasi bawaan, Pemindai.

2. Pilih menu Document, pilih menu Docs karena agar muncul guideline sehingga dokumen yang akan dipindai menjadi terlihat rapi.

3. Sesuaikan dokumen dengan guideline, kemudian simpan ke galeri. Selesai.

Itulah dua cara melakukan scan pada ijazah, surat lamaran kerja, curriculum vitae, dan dokumen lainnya. Sebenarnya untuk aplikasi scan dokumen di Play Store sudah cukup banyak, jika kamu mungkin kurang puas dengan hasil dari aplikasi CamScanner atau aplikasi bawaan Pemindai, kamu bisa menggunakan aplikasi lainnya dengan cara yang hampir sama. Selamat mencoba...

1 comment for "Cara Scan Ijazah, Surat Lamaran Kerja, CV, KTP di Android dan iOS"

albert giban 21 January, 2021 20:31 Delete Comment
greater