Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Aplikasi Edit PDF di Android Bisa Convert Merge Split & DLL

PDF menjadi dokumen yang sangat populer saat ini, banyak sekali file baik teks maupun gambar dibuat menjadi file PDF.

Saat ini membuat ataupun mengedit PDF tidaklah sesulit dulu, kini hadirnya aplikasi edit PDF di Android pada khususnya sangat memudahkan dan membantu pekerjaan banyak orang.

Dengan adanya aplikasi untuk membuat dan mengedit PDF di smartphone, akan meningkatkan produktivitas banyak kalangan misalnya pembuat komik online, novel, e-book, karya ilmiah hingga jurnal yang di-publish di situs jurnal.

Aplikasi Edit PDF di Android Terbaik

Sekarang ada cukup banyak aplikasi untuk mengedit file PDF di perangkat Android kita. Dengan aplikasi tersebut, mengelola PDF menjadi sangat mudah dan tidak perlu menggunakan PC.

1. Xodo PDF Reader & Editor

aplikasi edit pdf android

Aplikasi edit PDF di Android ini menjadi salah satu yang banyak digunakan. Karena selain bisa membuka file berformat PDF, aplikasi ini juga bisa membuka file lain seperti Word, Excel, dan PowerPoint.

File dengan format tersebut nantinya akan diubah ke format PDF sehingga memudahkan orang lain ketika ingin membaca file.

Di aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membubuhkan tanda tangan, mengubah jenis font, menambahkan teks, underline teks, dan masih banyak lagi edit teks yang lainnya.

Selain itu, salah satu fitur menariknya adalah mirip seperti Google dokumenyang bisa dikerjakan secara online bersama dengan rekanmu. Untuk edit PDF di Android Xodo PDF bisa kamu andalkan dengan fitur-fitur di atas.

2. OfficeSuite: Word, Sheets, PDF

officesuite

OfficeSuite menjadi aplikasi yang sangat populer untuk pengelolaan file dan dokumen. Dengan OfficeSuite, tidak hanya PDF saja yang bisa diedit namun dokumen yang biasa ada di kantor juga bisa dan sangat mudah.

Kamu bisa melakukan berbagai hal untuk mengelola file seperti membuat, membaca, dan mengedit PDF, Word, PowerPoint, dan Excel.

Tetapi untuk pengeditan file PDF bisa dibilang tidak selengkap aplikasi di PC. Meskipun begitu, OfficeSuite tetap dapat kamu gunakan untuk beberapa hal, seperti: membuat tanda tangan, mengisi form yang bisa diisi, konversi dokumen dari PDF ke file Word, Excel, dan ePub.

OfficeSuite juga memiliki fitur cloud, di mana dengan fitur ini kamu bisa menyimpan dokumen ke penyimpanan online. Sehingga kamu dapat mengaksesnya dari mana saja.

3. PDFelement - PDF Editor & Reader

pdfelement pdf editor

Aplikasi edit PDF lainnya di Android adalah PDFelement. Di aplikasi ini memberikan beragam fitur menarik untuk mengedit PDF dan kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Tidak hanya tersedia untuk Android saja, aplikasi ini juga bisa digunakan di iOS. Namun perlu diketahui sebelumnya, jika menggunakan versi Android pengguna hanya bisa menambahkan komentar saja.

Jadi untuk mengedit teks kamu mungkin memerlukan aplikasi lain untuk melakukannya. Tetapi untuk iOS fitur edit PDF pada semua teks bisa dikerjakan.

Terdapat juga fitur menarik di PDFelement, salah satunya adalah menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dokumen baru.

Baca Juga: 7 Aplikasi Scanner Dokumen Terbaik di Smartphone Android

4. Adobe Fill and Sign

adobe fill and sign

Adobe membuat beragam software dan aplikasi yang sangat beragam, salah satunya adalah aplikasi edit PDF untuk perangkat Android. Nama aplikasinya adalah Adobe Fill and Sign.

Dalam membuat program apapun Adobe selalu melakukan yang terbaik. Contohnya pada aplikasi ini, di dalamnya banyak sekali fitur yang bisa kamu nikmati, bahkan kamu tidak perlu fitur premium untuk menikmati layanan di aplikasi ini.

Beberapa fitur unggulan di aplikasi ini adalah memungkinkan pengguna untuk mengisi formulir, coretan tanda tangan dengan jari ataupun stylus, menambahkan teks, hingga kirim file secara langsung dari aplikasi.

Karena kemudahannya mengedit dan berbagi dokumen PDF, Adobe Fill and Sign kini memiliki banyak sekali pengguna. Aplikasi sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store saja dengan 4.6 bintang.

5. Adobe Acrobat Reader: Edit PDF

adobe acrobat reader

Satu lagi aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe adalah Adobe Acrobat Reader. Baik versi PC dan smartphone, aplikasi ini memiliki banyak sekali pengguna karena fitur-fiturnya yang sangat membantu.

Di aplikasi Adobe Acrobat Reader kamu bisa mengelola beragam file PDF, misalnya: sekedar melihat file, mengedit file, membubuhi tanda tangan, menambahkan keterangan berupa teks di file, dan sebagainya.

Jika kamu menggunakan aplikasi versi berbayarnya, maka banyak sekali kemudahan dan kegunaannya yang akan kamu dapatkan.

Selain bisa membuka file PDF dari penyimpana internal ponsel, dengan Adobe Acrobat ini kamu juga bisa mengakses file PDF yang disimpan di GDrive.

6. Foxit MobilePDF

foxit mobilepdf

Foxit tidak hanya membuat aplikasi untuk digunakan di perangkat PC saja, namun juga Android. Bahkan developer juga membuatnya untuk versi webnya.

Untuk fitur di Foxit, paling cocok kamu gunakan untuk membaca file PDF. Namun meskipun demikian, Foxit juga memiliki fitur untuk edit PDF di Android.

Beberapa fitur pengeditan tersebut ialah mengedit teks, menambahkan keterangan, membuat tanda tangan, hingga melindungi file PDF yang penting.

Sayangnya, fitur edit ini hanya bisa kamu nikmati untuk versi lengkapnya saja yakni versi premium. Untuk yang gratisnya, kamu hanya bisa membuka dan membaca file PDF dan juga fitur dasar lainnya.

7. PDF Candy

pdf candy

Aplikasi edit PDF gratis di Android ini memiliki banyak fitur yang pastinya kamu perlukan. PDF Candy dapat mengubah teks biasa yang ada di gambar atau foto menjadi tulisan.

Fitur di atas disebut OCR yakni singkatan dari Optical Character Recognition istilah untuk pemindaian teks. Fitur ini jarang sekali ditemukan di aplikasi edit PDF untuk Android apalagi gratis.

Selain itu, dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan editing lainnya seperti mengubah PDF ke file lainnya, memisahkan file PDF ke beberapa bagian, menggabungkan file PDF, merotasi halaman PDF, dan lain sebagainya.

Dengan fitur lengkapnya aplikasi ini tetap bisa kamu gunakan secara gratis. Untuk mengunduhnya kamu bisa buka Play Store.

Baca Juga: 2 Cara Mengubah PDF ke Word di HP dengan Mudah dan Gratis

8. PDF Pro: Edit, Sign & Fill PDF

pdf pro

Aplikasi ini biasa disebut PDF Reader Pro, yakni aplikasi edit PDF Android yang memiliki banyak fitur. PDF Reader Pro telah mendapatkan 10 juta unduhan dari Play Store saja.

Ini tentunya sangat menarik karena banyak peminatnya dengan ulasan yang keseluruhannya bisa dikategorikan bagus yakni 4.7 dari 5 bintang.

Berikut adalah fitur-fitur yang mungkin akan sering gunakan jika mengunduh aplikasi ini: melihat dan menulis keterangan ke file PDF, mengubah format dokumen PDF menjadi dokumen Word, Excel, PowerPoint.

Kamu juga bisa mengatur file dari mengcopy file, memindahkan file, menghapus file, hingga membuka gambar untuk dijadikan file PDF baru.

Dengan banyaknya fitur yang telah disebutkan di atas, fitur dasar seperti edit teks, merge & split PDF, hapus, add image, dan lain sebagainya semuanya bisa kamu lakukan di aplikasi ini.

9. SmallPDF

smallpdf

SmallPDF merupakan aplikasi yang memberikan solusi untuk hal-hal yang berkaitan dengan dokumen PDF. Kamu bisa mengakses websitenya atau mengunduh aplikasinya secara gratis.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang dapat membantumu memudahkan pekerjaan terkait dengan PDF. Meskipun dengan segudang fitur yang ditawarkan, SmallPDF tetap mudah digunakan

Beberapa fitur di SmallPDF yang bisa kamu pakai secara gratis adalah convert PDF ke Word, mengubah gambar JPG ke PDF, membuat tanda tangan, dan kompress PDF.

Tentunya juga di sini mudah sekali untuk mengedit PDF, misalnya menambah teks, gambar, 'shapes', hingga anotasi freehand ke dokumen PDF.

Selain itu, SmallPDF memiliki fitur penyimpanan cloud, di mana kamu bisa membuat akun dan menyimpannya di akunmu. Dengan akun ini kamu bisa membukanya di mana saja dan device mana saja ketika login.

10. iLovePDF

ilovepdf

Selanjutnya ada iLovePDF, aplikasi ini memiliki beragam versi dan bisa kamu buka baik dari PC dan smartphone semua OS.

Mungkin sebelumnya kamu juga pernah melakukan konversi dari dokumen Word ke PDF. Nah, tidak hanya itu saja, sebenarnya masih banyak fitur lain yang bisa digunakan secara gratis.

Di iLovePDF, pengguna bisa mengelola filePDF dengan leluarsa, misalnya bisa mengubah format PDF ke file lainnya, memisahkan dan menggabungkan dokumen PDF, menambah watermark dan lain sebagainya.

Aplikasi edit PDF Android ini bisa kamu unduh dari Play Store secara gratis. iLovePDF telah mendapatkan 5 juta download dengan panilaian yang bagus yakni 4.8 dari 5 bintang.

11. PDF Extra: Scan, Edit & OCR

pdf extra: scan, edit & ocr

Terakhir adalah PDF Extra, aplikasi edit PDF ini memiliki beragam fitur yang jika kamu instal kamu mungkin tidak membutuhkan aplikasi lainnya, misalnya aplikasi untuk 'recognize text'.

Aplikasi PDF Extra memungkinkan pengguna untuk mengedit PDF dengan mudah di antaranya adalah memberi garis bawah, membubuhi komentar, highlight teks, hingga fitur menarik yakni 'text to speech'.

Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu membaca untuk mengerti semua isi PDF tersebut. Karena fitur 'text to speech' akan mengkonversi tulisan menjadi suara.

Itulah daftar aplikasi edit PDF di Android yang mempunyai fitur lengkap dan gratis. Sebenarnya, selain untuk Android sebagian aplikasi di atas juga bisa digunakan di perangkat selain Android dan ini tentunya sangat membantu.Selamat mencoba!

Post a Comment for "11 Aplikasi Edit PDF di Android Bisa Convert Merge Split & DLL"